Blog remaja ciptaan Athalla Rizky Arsyan yang isinya cerita "Absurd".

Jumat, 25 Juli 2014

Posted by athallara on 02.03 in , | No comments
"Indonesia tanah airku.. Tanah tumpah darahku.. Disanalah aku berdiri.. Jadi pandu ibuku.. Indonesia kebangsaanku.. Bangsa dan Tanah Airku.. Marilah kita berseru.. Indonesia bersatu.."
---------------
Indonesia... Yap, Negara tempat kita menjalani kehidupan ini merupakan sebuah Negara maritim. Dimana Negara kita ini terdiri dari 17.504 buah pulau dan memiliki luas lautan yang lebih dari 3.257.483 km2.


Negara maritim adalah negara yang memiliki wilayah lautan atau perairan yang luas serta mampu untuk menguasai wilayah tersebut. -Glosarium.

Namun, meskipun Indonesia sebuah negara maritim.. kita masih belum bisa memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada dengan baik. Terutama..., Air

Padahal, dalam lirik lagu Indonesia Raya tersendiri terdapat kalimat: "Indonesia Bersatu..". Bersatu yang dimaksud dari petikan lirik tersebut ialah bersatu untuk mempertahankan NKRI. Bukan hanya bersatu untuk mempertahankan diri dari penjajah, namun juga bersatu untuk tetap menjaga kelestarian dan keutuhan SDA yang ada di negeri tercinta kita ini.

Menurut National Geographic Indonesia,

97,5 persen air di Bumi air asin. Sedangkan 2,5 persennya adalah air tawar—yang terdiri atas lapisan es, gletser, salju (dua pertiga), dan sisanya barulah air permukaan dan air tanah.❞

Banyak bukan air yang ada di bumi kita ini?Namun meskipun demikian, Website http://nationalgeographic.co.id/ kembali menjelaskan bahwa,

Tiap 1 dari 8 orang kekurangan akses ke air bersih. Menurut laporan UN Water Organization, di 2011, 768 juta orang tidak memiliki sumber air bersih untuk air minum dan 2,5 miliar orang tidak memiliki sumber air bersih untuk sanitasi.❞

Bayangkan 2,5 miliar orang tidak memiliki akses untuk mendapatkan air bersih. Padahal, air di-bumi kita ini ada banyak sekali. Bagaimana nasib negeri kita ini?

Unicef  dan WHO memperkirakan, Indonesia adalah salah satu kelompok dari 10 negara yang hampir dari populasi tidak mempunyai akses ke sumber air minum. Mereka adalah :
  1. China (108 juta )
  2. India  (99 juta)
  3. Nigeria (63 juta)
  4. Ethiopia (43 juta)
  5. Indonesia (39 juta)
  6. Republik Demokratik Kongo (37 juta)
  7. Bangladesh (26 juta)
  8. Inggris Republik Tanzania (22 juta)
  9. Kenya (16 juta)
  10. Pakistan (16 juta)
Lihat... Indonesia menduduki urutan ke-5 dengan angka 39 juta populasi yang tidak mempunyai akses ke sumber air minum.

Sebuah media massa SINDONEWS.com menjelaskan dalam salahsatu postingan diwebsitenya bahwa kekurangan air yang melanda Indonesia ini disebabkan oleh beberapa faktor,seperti:

➀Kesenjangan Sosial
          Adanya kesenjangan sosial antara penduduk di kota dan desa juga menjadi penyebab mengapa kualitas sanitasi dan air bersih di Indonesia masih kurang terjaga dengan baik, kesenjangan sosial menentukan perilaku masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu.

➁Buang Air Besar Sembarangan
          Banyak masyarakat kurang mampu yang masih menerapkan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sehingga merusak lingkungan, selain itu masih banyak masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih bahkan sampai menggunakan air hujan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

➂Terjadinya banjir apabila musim hujan dan terjadinya kekeringan ketika musim kemarau, sehingga menyebabkan turunnya kualitas air bersih.

➃Masih kurangnya sanitasi yang memadai.

➄Banyaknya limbah cair maupun padat yang mencemari wilayah perairan di Indonesia seperti sungai, laut, waduk, dan danau.

Sumber: http://nasional.sindonews.com/read/862939/18/indonesia-butuh-air-bersih
#Bukan hanya SINDONEWS saja yang mengatakan bahwa Indonesia kekurangan air bersih. Telah banyak juga media massa lainnya seperti Kompas, Kaskus, Tempo, Detik dan lain-lain.

Mengetahui hal-hal tersebut, seharusnya kita menyadari. Kita sebagai makhluk hidup yang membutuhkan peranan air dalam kehidupan harus melestarikan air di bumi ini. Peranan air di kehidupan kita merupakan faktor penting untuk mendapatkan kehidupan yang sehat, layak dan sejahtera. Padahalnya kita telah menyadari air itu penting, namun kitanya saja yang tidak memiliki niat untuk melestarikan air di bumi. Dan, merawat kelestarian air itu sebenarnya dapat kita lakukan dengan sebuah langkah kecil, seperti:
1. Menanam pohon/reboisasi untuk menjaga kelestarian hutan.

2. Mengolah limbah buangan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

3. Mencegah penebangan hutan secara liar.

4. Menghemat air dimanapun kita berada, contohnya mematikan keran saat tidak digunakan.

5. Tidak mengotori air (Sungai, Laut, PDAM, dll), contohnya bahan kimia.

6. Membuang sampah pada tempatnya.

Mudah bukan? Dengan beberapa hal kecil diatas kita dapat menjaga kelestarian air di bumi ini. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita cari di internet.

Dan ternyata, Atmosfer juga berperan penting dalam menjaga kelestarian air, kenapa? Karena atmosfer dapat menjaga air di bumi tetap cair dari radiasi matahari. Nahlo.. Indonesia memiliki banyak kota-kota besar dengan rumah-rumah kaca yang dapat merusak atmosfer bumi. Pemerintah juga harus bertindak mengenai rumah-rumah kaca tersebut. Seharusnya kita terus menjaga kelestarian air demi anak-cucu-kita kita nanti.

Kelestarian hutan pun patut dijaga, karena hutan merupakan faktor penghasil air terbanyak di bumi. Namun, hutan-hutan yang kita miliki telah diubah menjadi sebuah tempat tinggal. Hutan-hutan kini telah kita gunduli demi mendapat keuntungan. Contohnya seperti Pembuatan Villa di hutan, Villa tersebut tidak selalu akan ditempati orang-orang bukan?Renungkanlah.. demi membuat villa yang tak terpakai kita rela menebang hutan-hutan yang kita miliki.

Limbah-limbah buangan kini telah mencemari kelestarian air, terutama air di sungai. Gak hanya limbah pabrik saja, limbah rumah tangga seperti detergen-pun dapat mencemari air-air di bumi. Sebaiknya kita dapat mengolah limbah-limbah tersebut dengan baik, sehingga kita tidak perlu membuangnya sembarangan ke sungai-sungai. Atau tidak sebaiknya pemerintah menyediakan tempat khusus untuk pembuangan limbah-limbah tersebut.

Banjir merupakan sebuah bencana yang kebanyakan disebabkan oleh faktor manusia. Mereka membuang sampah sembarangan, sehingga membuat selokan mampet dan membuat air meluap. Dan banjir juga membawa dampak negatif pada kehidupan, mereka membawa kuman yang dapat mencemari air-air bersih yang kita miliki. Salahsatu contoh bakterinya ialah e-coli.

Terkadang.. saat dirumah-pun kita lupa untuk mematikan keran air, dan membiarkannya untuk tetap menyala. Itu merupakan suatu pemborosan yang merugikan penggunaan air dan membuat tagihan pembayaran air yang bertambah. Meskipun harga air sangat murah, jika kita membuang-buang air secara terus-menerus dapat menimbulkan dampak negatif. Padahal, masih banyak orang-orang diluar sana yang bersusah-payah untuk mendapatkan air dan kita yang hanya tinggal memutar keran masih saja menyia-nyiakannya?

Sumber: Twitter

@WOWFAKTA - Manusia bisa bertahan hidup lebih dari 7 hari tanpa makan, namun tidak bisa bertahan lebih dari 5 hari tanpa minum.

Taukah Anda? Air merupakan komponen terbanyak di dalam tubuh manusia. Komponen air di dalam tubuh seorang bayi mencapai sekitar 75%, orang dewasa 60%, sedangkan lansia memiliki komponen air sebesar 50% di dalam tubuhnya. Keperluan air pada tubuh setiap orang berbeda-beda, Tergantung dari beberapa faktor seperti usia, berat badan, tinggi badan, aktifitas dan kondisi lingkungan di mana kita berada.

Sumber: blogdetik.com
Air merupakan salahsatu komponen penting dalam kehidupan kita. Seluruh aktifitas kita di dunia, tidak lepas dari yang namanya air. Mulai kita bangun tidur kita menggunakan air untuk mandi, mencuci pakaian, minum obat, serta melepas dahaga saat kita kehausan. Dengan menjaganya air yang kita konsumsi, dapat memberikan dampak postif bagi kesehatan kita, diantaranya: 


  1. Memperlancar sistem pencernaan
  2. Mencegah kanker
  3. Perawatan kecantikan
  4. Untuk kesuburan
  5. Menyehatkan Jantung
  6. Sebagai obat stroke
  7. Efek relaksasi
  8. Menguruskan dan menjaga badan
  9. Sebagai terapi
  10. Tubuh lebih bugar
  11. Menjadi awet muda
  12. Mengeluarkan racun dalam tubuh
  13. Penyeimbang sistem getah bening
  14. Mencegah penyakit batu ginjal
  15. Menjaga mood
  16. Menjaga keberishan maupun kesehatan gigi dan mulut
  17. Mengurangi rasa kram dan terkilir
  18. Sebagai obat sakit kepala
  19. Berpikir lebih baik

Sabtu, 19 Juli 2014

Posted by athallara on 20.50 in , | No comments
Malam ini merupakan malam minggu dimana gua memiliki pangkat: Jomblo. Intinya sekarang gua Jomblo. Dan bagi kawan-kawan gua yang jomblo diluar sana, mari kita berkumpul! Kita adakan ritual kita untuk menurunkan HUJAN!!
INTRO
Oke, gua bakal cerita tentang minggu ini. Minggu ini adalah minggu pertama gua masuk sekolah sekaligus gua memulai sebagai Jomblowan Indonesia. Bawaannya Bete, males, capek, mager. Dan pada sebelumnya gua habis diputusin sama dia, lalu dia langsung pacaran sama cowo lain. #Jones! Namun, itu gak ngebuat gua sedih. Karena gua bebas bisa ngubungin siapapun sesuka hati gua.. Tanpa ada yang komentar sedikitpun. Berikut mereka yang telah hadir untuk melewati masa-masa sulit gua:

Moza, Orang yang dengerin curhatan gua terus.. ngebantu gua move on sekaligus ngebuat gua ceria terus.
Maria, Dia ngebantu gua move on juga. Nemenin gua waktu gua kesepian.
Ara, Orang yang juga bikin gua ceria juga, nyemangatin gua terus. Dia juga JONES!:v
Amjad, Rizka, Agesta: Trio Edan yang suka ngomongin agensi TML Mangkalers. (TML=Taman Lawang).
Fira, Nicky: Orang maksud sedunia.
Rara, Sepupu gua yang lagi belajar jadi orang bijak.
Febby, Temen seperjuangan gua yang senasib. (Baca: Sama-sama diputusin ceweknya dan jadi Jones.)
Rafid, Katon, Akbar, Anif: Orang yang bersedia nemenin gua disekolah. Gak cuma mereka sih, temen-temen cowo mah asik semua.
PMR sama Osis: Organisasi yang bikin gua sibuk terus, dan karena kesibukan itu gua bisa ngelupain masalah2 gua^_^

Alhamdulillah. Gua bersyukur banget sama Allah dikasih temen-temen sehebat mereka.
----------------------------------------------------------------------------------
HARI SENIN
Oke gua mulai, hari senin adalah hari pertama masuk. Tapi kita gak ngapa2in. Udah kayak udang kepanasan yang cengo aja dilapangan SMP 5. Sebelum sekolah gua les dulu. Di tempat les kini udah banyak anak-anak SMP 2-nya. Bahkan Rahma dan Ara temen PMR gua juga masuk situ. Hari senin ini gua juga udah mulai sibuk sama OSIS, organisasi yang dipimpin Ali sama Hafiz itu emang lagi banyak kerjaan. Tepatnya akan adanya program: MOS. Gua ngeliatin OSIS waktu hari senen ngebuat gua puyeng. Mondar-mandir mulu dan udah kayak setrikaan. Dan saat MOS dimulai, itulah detik-detik tenaga gua bakal dikuras kayak cucian basah.

Hari pertama masuk sekolah Bu Ria, guru Agama Islam yang kini jadi wali kelas gua pun ngebuka pertemuan pertama kita di kelas 9E. Dia nunjuk Ketua kelas, Wakil sama kaki-tangannya. Sadis..

Dan gua? Gua sebagai ketua kelompok OSIS di kelas 7H gak bisa kemana-mana. Gua gak bisa ngumpul bareng sama anak 9E. Cuma bisa diem cengo di depan anak kelas 7 yang gapernah gua kenal sebelumnya. Sedangkan anggota kelompok gua lagi ke kelas masing-masing. Gua kayak ikan teri yang diliatin sama ribuan ikan hiu saat itu. Cengo.

Setelah kelompok gua dateng kembali ke 7H. Giliran gua ke kelas 9E. Dan.. Ternyata pertemuan itu udah selesai. FAK! Gua disuruh isi biodata sama ada pemberitahuan bahwa Selasa-Rabu-Kamis mau ada Pesantren kilat jam 8 pagi di Al-Azhom. 


HARI SELASA
Hari selasa, gua dibangunin saat jam 7 sama nyokap buat pesantren. Dengan catatan: Gua masih ngantuk.
Setelah gua berangkat ke masjid yang paling gede di Tangerang itu, dan gua sampai. Di depan gerbang sudah terlihat "dia" yang lagi ngobrol sama temen-temennya. FAK!

Masuk kedalam masjid, anak-anak cowo udah pada ada disana. Lagi pada Mangkal duduk-duduk. Saat gua ketemu mereka, kita langsung Cipokan ngobrol. Acara pesantren pun dimulai dan diakhiri pukul gak tau gua lupa. Seusai Pesantren, anak2 OSIS ngumpul lagi untuk ngadain MOS hari ke-2. Kita berangkat bareng ke SMP 5. Dan hari ini capek banget. Karena sangking capeknya, mutiara minta besok kita di-dispen biar gak ikut Pesantren. Padahal gua kangen sama temen-temen sekelas gua. Dan gua dipaksa untuk gak ikut Pesantren dengan alasan: Anak OSIS satu gak ikut Sanlat semua harus gak ikut.

Dan malemnya gua chattingan sama Moza, sahabatnya muti. Gua ngobrol panjang banget, pada akhirnya gua bilang kalo besok gua bakalan maksa ikutan Sanlat dengan alasan: Kangen temen-temen. Dan kata muti, besok Hari Rabu bakalan ada promosi ekskul. Dan gua sebagai ketua di PMR gak bisa ngelupain organisasi yang gua pengang itu demi OSIS. Akhirnya gua minta izin sama muti besok gua gak ikut MOS.


HARI RABU
Hari ini hari yang penuh dengan kata: MASTIN. Yap, manggis yang ada ekstraknya itu. Dimana gua ikutan Sanlat diem2 tanpa diketahui anak-anak OSIS. HaHaHaHa~
Gua berangkatnya agak siangan karena ketiduran. Tepatnya jam 8. Sampe Al-Azhom gua telat. Setelah selesai Pesantren kilat itu. Gua sama anak-anak PMR mempersiapkan segalanya. Untung gua punya ade-ade kelas yang hebat. Mereka udah nyelesain semua kewajibannya, sehingga kita gak kelibet-libet di hari "H"-nya.

Gua ke SMP 5 bareng anak PMR. Sampe sana kita latihan lagi. Tugas kita sebagai kelas 9 adalah nyemangatin ade-ade kelas kita itu. Sebelum kita promosi eksul PMR ke kelas-kelas, gua Mangkal Sholat dulu sama Ikhsan. (Ikhsan: Homoan Temen gua!). Dan sampe mushola gua ketemu Moza lagi bareng Muti. Dan gua kaget, si Muti tiba-tiba bilang gini:

Muti  : "THAL!!! TADI LU SANLAT YA?!"
Gua   : "Wuanjirrr", kata gua dalem hati.
Muti  : "IYAKAN?"
Gua   : "Dih, kok lu tau? i.. iya..",
Moza : "Kan.. dia kangen sama temennya", ngomong kecil suaranya.
Muti   : "Parah lu mah thal, kan udah gua bilang! Satu gak ikut semua gak ikut!"
Gua   : "Ya sorry gua kangen sama temen2 gua."
Moza : "Kan.."
Gua    : "nggg..."

Gua greget sama Moza.

Promosi ke kelas2 itu bener2 capek badai. Tenaga gua dikuras abis hari ini. Dimana gua sama ikhsan harus ngelawak sambil berdiri di depan anak-anak kelas 7. Gua sama Ikhsan kehabisan ide, kita udah pake berbagai cara untuk bikin anak-anak kelas 7 ketawa namun sulit banget. Kita udah nge-Stand Up Comedy tapi gak ada yg ketawa sama sekali. FAK!

Dan akhirnya... gua dapet ide! Yap: TERIMAKASIH MASTIN!!!

Karena gua sama Ikhsan paling bisa ngelawak dan kita baru punya TV dirumah. Hobi kita pun ngafalin iklan-iklan yang sering kita tonton. Dan berkat Mastin, kita bisa ngebuat mereka para ade kelas tertawa.

Ohh MASTIN!! Thank's A Lot!

Selesai Promosi, mereka anak-anak PMR pulang. Dan gua masih OSIS. FAK! Oke, OSIS pulang sore banget, dan gua capek banget. Gak lupa gua nge-BM Moza untuk nanyain kenapa dia ngasih tau Muti-_________-" Katanya dia itu: Baik hati, tidak sombong, jujur dan rajin menabung. Yaudah gua suruh Moza buat ngirimin permintaan maaf gua ke Muti. Dan si Muti akhirnya maafin gua. nggg...


HARI KAMIS
Hari terakhir kita pesantren. Kali ini gua gak telat. Karena disaat gua tidur, gua mimpi buruk.

Saat itu gua mimpi gua pergi ke Ragunan sama temen-temen SMP gua, dan ternyata binatang-binatang disana lagi kena Virus yang menakutkan. Dimana binatang-binatang tersebut makanin apapun yang ada di depan matanya, jadi mereka makanin pager-pager kandangnya sehingga mereka dapat keluar dari kandangnya. Dan yang lebih parah, saat mereka keluar mereka ngejar-ngejar kita semua. Dan siapapun yang ke pegang sama binatang itu, mukanya bakalan keubah mirip persis dengan binatang yang kesentuh tersebut. Dan karna gua kesentuh sama Simpanse, muka gua pun berubah jadi binatang tersebut.
--------------------
Komok gua dalam mimpi saat itu.
--------------------
Dan ternyata gak ada perubahan sedikitpun.
--------------------
Ya gua tau sebenernya gak ada perubahan sedikitpun dari komok gua. nggg...

Dan.. Oleh karena itu gua kebangun cepet. Saat sehabis sahur gua gak tidur lagi, karena gua takut gua mimpi kesentuh sama tikus tanah atau platypus. Gimana nanti nasib komok gua kalo sampe kesentuh binatang itu-_-"

Karena hari kamis ini adalah hari terakhir kita pesantren. Anak-anak kelas 7 juga diajak ikutan, sehingga masjid Al-Azhom itu makin penuh. Pesantren hari ini agak aneh, yang gua dengerin dari ustadz yang ceramah cuma ngajarin kita buat: C-E-B-O-K. Ntah apa yang ada dalam fikirian ustadz tersebut, namun.. Menurut dugaan gua dia pas sahur tadi makan di WC sambil pup dan belum cebok.

Selesai acara pesantren, ternyata OSIS ngupul lagi. Katanya kita mau packing barang-barang sumbangan kelas 7 yang dimintain kemaren. Tiidaaak. Padahal rencana gua sehabis sanlat mau tidur lagi. Gua pengen mimpi gua dipegang sama Justin Bieber, biar komok gua berubah jadi mirip dia.

Saat packing barang sumbangan, sedikit menghawatirkan. Kenapa? karena disana banyak banget roti jepang. Tau roti jepang? Iya itu.. Dan gua geli banget. Mana ada ade kelas OSIS ngejelasin kalo roti jepang itu ada yang bersayap dan engga bersayap. Yang bikin gua geli 'banget', roti jepang itu ada yang bungkusnya bergambar Mickey Mouse. Ntah apa yang ada difikiran pembuat pempes tersebut. Apakah mereka mau bikin pempes itu agar lebih cucok dan banyak peminatnya? Atau pembuatnya terinspirasi dengan film mickey mouse tersebut? Tapi padahal... Setau gua mickey mouse nggak pake pempes samasekali. Gua ngebayangin mickey mouse lagi buat film terus dia bocor/PMS dan make pempes yang ada gambar dirinya. nggg..

Akibat dari OSIS hari ini, tangan gua berminyak semua karena minyak sumbangannya ada yang bocor. Dan bodohnya kita adalah: Padahalkan ada pempes disana, kenapa gak kita balut aja minyaknya dengan pempes tersebut.

Oke, pulangnya sore lagi. Gua capek banget.


HARI JUM'AT & SABTU
Hari jum'at = Hari dimana para cowok sholat Jum'at, gua bangun pagi lagi. Namun kali ini gua gak mimpi apa-apa, fiuh..
Berangkat sholat jum'at ke Al-Azhom, dan temen-temen gua udah ada disana. Mereka lagi kumpul, gua pun ngobrol-ngobrol sama mereka. 

Saat sholat jum'at dimulai, masjid ini terjadi beberapa perubahan. Saat sholat di Al-Azhom udah pasti surat yang dibaca itu panjang banget, bisa-bisa kita berdiri sampe 10 menit buat nungguin Imam-nya selesai baca surat yang dia baca. Dan yang bikin beda kali ini: Setiap rukuk sama Sujud lama banget, biasanya gak kayak gitu. Gua yakin, itu imam-nya begadang semaleman jadi dia ngantuk banget dan make kesempatan Rukuk dan Sujud buat tidur. ngg..

Dan sekolah hari ini pun sama aja. Guru-guru pada gak ngajar dan kita cengo di kelas.

Hari sabtu = Nah, hari ini kita mulai belajar.. Tapi baru belajar MTK doang, baru Interview. Dan kita akhirnya tau guru matematika kita itu Pak Joko (bapaknya Amjad). Gurunya sih kata kakaknya Anif( Anif: temen sebangku gua) bagus. Dan menurut gua juga bagus, Pak Joko jago ngelukis. Waktu dia ngegambar bangun ruang tuh niat banget gak kayak Bu Mimi**, gambarnya juga bagus. Menurut gua, Pak Joko belajar ngelukis sama bapaknya Rayhan Farrel.. Karena bapaknya yang sering dipanggil (pak)"Adjad Gondrong" adalah seorang pelukis.

Hari sabtu setelah kita interview pelajaran MTK sama Agama, kita dikumpulin di lapangan SMP 5 untuk dengerin pengumuman. Namun yang gua denger saat pak ismanto ngebacain pengumuman, gua cuma denger suara tikus kejepit. Anak-anak murid mah pada teriak-teriak kegirangan dan gua cuma cengo sendiri. Semua itu disebabkan karena gua gak sanggup beli korekan kuping.

Selesai dengerin pengumuman ada hal yang seru. Kita salam-salaman sama semua guru SMP 2, dan gua sama anak-anak 9E dapet barisan paling belakang. Dan muridnya banyak banget. Yang bikin seru adalah: Kita rebutan tempat(baca: nyelang barisan). HaHaHaHa, karena gua udah kelas 9 kita nyelang barisan di depan ade kelas 7 sama 8.. ade-ade kelas kita mah pada gak berani ngelawan, mereka pasrah kayak eeq yang lemes di dalem WC. Sadis..

Pulang... Hari Jum'at & Sabtu kali ini OSIS sama PMR gak ngumpul. Gua seneng banget. Sampe rumah gua langsung ngetik postingan ini. yeah!! Tamat. 

Catatan: Jangan Save komok simpanse gua! Plis..

Jumat, 18 Juli 2014

Posted by athallara on 03.10 in , , | No comments

"Tunjangan Hari Raya (THR)"



Bulan Ramadhan, yaitu bulan yang penuh berkah ini.. Hampir meninggalkan kita. Siapa yang tidak sedih ditinggal oleh Bulan Ramadhan?Ya, bulan dimana orang-orang yang memeluk Agama Islam melakukan serangkaian aktivitas seperti: Berpuasa, Sholat Tarawih, Peringatan Turunnya Al-Quran, Malam Laylatul Qadar, Melakukan Tadarus Al-Qur'an, dan diakhiri dengan Membayar Zakat dan Serangkaian Perayaan Idul Fitri.

Bulan ini memang banyak sekali berkah yang diberikan Allah kepada hamba-Nya. Dimana setiap kita melakukan kebaikan pahala kita akan dilipat gandakan. Maupun kita dapat memperoleh sebuah Tunjangan Hari Raya(THR). Apa itu THR?

Tunjangan Hari Raya Keagamaan atau biasa disebut THR adalah hak pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan yang berupa uang atau bentuk lain.

Mau tahu seputar Tunjangan Hari Raya? Simak ulasan berikut:
Adakah Undang-Undang atau peraturan yang mengatur mengenai THR?
Ada, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja di Perusahaan.

Siapa yang wajib membayar THR?
Berdasarkan PER.04/MEN/1994 ,setiap orang yang mempekerjakan orang lain dengan imbalan upah wajib membayar THR, entah itu berbentuk perusahaan, perorangan, yayasan atau perkumpulan.  

Apakah semua pekerja berhak mendapat THR?
Sesuai dengan yang tertera di PER.04/MEN/1994 pasal 2, pengusaha diwajibkan untuk memberi THR Keagamaan kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 (tiga) bulan atau lebih secara terus-menerus. Peraturan ini tidak membedakan status pekerja apakah telah menjadi karyawan tetap, karyawan kontrak atau karyawan paruh waktu.

Berapa besar THR yang harus diberikan kepada pekerja?
Besarnya THR sebagaimana diatur dalam pasal 3 ayat 1 PER.04/MEN/1994 ditetapkan  sebagai berikut:
  1. pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih sebesar 1(satu) bulan upah.
  2. Pekerja yang mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secra proporsional dengan masa kerja yakni dengan perhitungan masa kerja/12 x 1(satu) bulan upah .

Apa yang dimaksud dengan upah? Apakah hanya gaji pokok atau take home pay?
Yang dimaksud upah disini adalah gaji pokok ditambah tunjangan-tunjangan tetap sesuai dengan PER.04/MEN/1994 pasal 3 ayat 2.

Bagaimana cara menghitung THR?
Untuk lebih jelas mengenai perhitungan THR, berikut Gaji berikan beberapa contoh kasus :
1. Contoh Kasus I
Aliya telah bekerja sebagai karyawan di PT. B selama 5 tahun, Aliya mendapat upah pokok sebesar Rp. 4.000.000, tunjangan anak Rp. 450.000, tunjangan perumahan Rp. 200.000, tunjangan transportasi dan makan Rp. 1.700.000. Berapa THR yang seharusnya didapa oleh Aliya?

Jawaban :
Rumus untuk menghitung THR bagi pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan adalah 1 x Upah/bulan. Upah disini adalah jumlah gaji pokok ditambah tunjangan tetap.

Gaji Pokok                 : Rp. 4.000.000
Tunjangan Tetap      : Rp. 450.000 + Rp. 200.000 ; Rp. 650.000

Tunjangan transportasi dan makan merupakan tunjangan tidak tetap, karena tunjangan tersebut diberikan secara tidak tetap (tergantung kehadiran).

Jadi, perhitungan THR yang berhak didapat oleh Aliya adalah sebagai berikut :
1 x (Rp. 4.000.000 + Rp. 650.000) = Rp. 4.650.000

2. Contoh Kasus II
Budi telah bekerja sebagai karyawan kontrak di PT. X selama 7 bulan. Budi mendapat upah pokok sebesar Rp 2.500.000 ditambah, tunjangan jabatan Rp 300.000 dan tunjangan transportasi Rp 500.000 dan tunjangan makan Rp. 500.000. Berapa THR yang bisa didapat Budi?

Jawaban :
Rumus untuk menghitung THR bagi pekerja yang mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan adalah
Perhitungan masa kerja/12  x  Upah 1 bulan (gaji pokok + tunjangan tetap)

Gaji Pokok                 : Rp. 2.500.000
Tunjangan Tetap      : Tunjangan Jabatan : Rp. 300.000

Tunjangan transportasi dan makan merupakan tunjangan tidak tetap, karena tunjangan tersebut diberikan secara tidak tetap (tergantung kehadiran).

Jadi, perhitungan THR yang berhak Budi dapatkan adalah :
7/12 x (Rp. 2.500.000 + Rp. 300.000) = Rp. 1.633.333

Apakah perusahaan boleh membayar THR lebih tinggi dari yang ditetapkan oleh Peraturan Menteri yang berlaku?
Boleh. Apabila perusahaan memiliki peraturan perusahaan (PP), atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB), atau kesepakatan kerja yang memuat ketentuan jumlah THR lebih dari ketentuan PER.04/MEN/1994 tersebut, maka jumlah yang lebih tinggi yang berlaku.

Jadi, terkadang ada perusahaan yang memberikan THR sebesar 2 bulan gaji/ 3 bulan gaji dilihat dari masa kerja karyawan tersebut.   Peraturan Menteri tidak mengatur mengenai hal tersebut, ketentuan itu diatur oleh masing-masing perusahaan lewat memiliki peraturan perusahaan (PP), atau Perjanjian Kerja Bersama (PKB).

Sebaliknya, apabila ada ketentuan yang mengatur jumlah THR lebih kecil dari ketentuan yang diatur oleh peraturan tersebut, maka yang berlaku adalah ketentuan PER.04/MEN/1994


Perusahaan saya membayar THR berupa barang, apakah itu dibolehkan?
Menurut PER.04/MEN/1994 pasal 5, THR bisa diberikan dalam bentuk selain uang dengan syarat sebagai berikut:
  1. Harus ada kesepakatan antara pekerja dan pengusaha terlebih dahulu,
  2. Nilai yang diberikan dalam bentuk non-tunai maksimal 25% dari seluruh nilai THR yang berhak diterima karyawan, dan
  3. Barang tersebut selain minuman keras, obat-obatan, dan bahan obat, serta
  4. Diberikan bersamaan pembayaran THR.

Kapan Perusahaan wajib membayar THR?
THR harus diberikan paling lambat tujuh hari sebelum lebaran (H-7) hari keagamaan pekerja agar memberi keleluasaan bagi pekerja menikmatinya bersama keluarga. Namun apabila ada kesepakatan antara pengusaha dan karyawan untuk menentukan hari lain pembayaran THR, hal itu dibolehkan.

Bagaimana apabila Anda dipecat (PHK) sebelum hari Raya? Apakah tetap bisa mendapat THR?
Berdasarkan PER.04/MEN/1994 pasal 6 :
  1. Bagi seorang karyawan tetap (pekerja yang dipekerjakan melalui Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu) dan terputus hubungan kerjanya PHK terhitung sejak waktu 30 hari sebelum Hari Raya Keagamaan, maka ia tetap berhak THR. Maksudnya, jika hubungan kerjanya berakhir dalam jangka waktu 30 hari sebelum Hari Raya Keagamaan, maka pekerja yang bersangkutan tetap berhak atas THR (secara normatif). Namun sebaliknya,  jika hubungan kerjanya berakhir lebih lama dari 30 hari, maka hak atas THR dimaksud gugur.
  2. Sedangkan bagi karyawan kontrak (pekerja yang dipekerjakan melalui Perjanjian Kerja Waktu Tertentu), walau kontrak hubungan kerjanya berakhir dalam jangka waktu 30 hari sebelum Hari Raya Keagamaan, tetap tidak berhak THR. Artinya, bagi karyawan kontrak, tidak ada toleransi ketentuan mengenai batasan waktu 30 (tiga puluh) hari dimaksud. Jadi bagi pekerja/buruh melalui PKWT, -hanya- berhak atas THR harus benar-benar masih bekerja dalam hubungan kerja –sekurang-kurangnya- sampai dengan pada “hari H” suatu Hari Raya Keagamaan -sesuai agama yang dianut- pekerja/buruh yang bersangkutan

Bagaimana jika pengusaha tidak mau membayar THR?
Pengusaha yang melanggar ketentuan pembayaran THR akan diancam dengan hukuman sesuai dengan ketentuan pasal 17 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1969 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok mengenai Tenaga Kerja. Hukuman pidana kurungan maupun denda.

Apa yang bisa Anda lakukan apabila perusahaan melanggar ketentuan hak THR Anda?
Yang bisa Anda lakukan adalah adukan masalah ini ke Dinas Tenaga Kerja setempat. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan gugatan perselisihan hak ke Pengadilan Hubunan Industrial di provinsi tempat Anda bekerja.

Sumber/Referensi: Gajimu.comwww.lbhpadang.com.

Sabtu, 12 Juli 2014

Posted by athallara on 20.08 in , | No comments
Kemaren...
Tepatnya pada tanggal: 12/07/14 adalah tanggal gua putus dengan dia untuk yang kedua kalinya. Dan kali ini... dia yang mutusin gua. "Dia" merupakan orang yang gua sayangin banget setelah Allah sama Keluarga gua. Dia merupakan pacar pertama di kehidupan gua ini, dia udah gua anggep sebagai keluarga gua sendiri. Tapi, dia minta untuk nyudahin hubungan ini.

Semua hubungan itu berawal sejak: kita adalah temen curhat. Saat itu dia sering curhat ke gua tentang orang yang dia suka. Dan gua pun sebaliknya. Kisah demi kisah kita ceritain bareng-bareng, mulai dari galau, seneng, bahagia, maksud, gila, dan semuanya! Karena orang yang dia sukain sikapnya dingin ke dia, dan kalo orang yang gua suka udah punya orang lain.. Akhirnya karena itu semua hubungan kita makin terlihat jelas. Dan kita saling mencintai.

Sebenernya gua tipe orang yang gak pengen & gak suka pacaran. Tapi kali ini, gua takut banget kehilangan dia. Yaudah, akhirnya gua beraniin nembak dia. Semua itu gua beraniin karena gua takut kehilangan orang yang gua sayang lagi kayak dulu(baca: Sahabat gua). Gua masih inget detik-detik itu, mulai dari gua disuruh casting iklan, kita sering ngomong 'Ekhmm.." mulu, kita gak ngaku saling ngefans, kita senyum2an tiap ketemu, dan tepatnya waktu itu kita pacaran pada jam 08.45 malem tanggal 18 maret 2014 hari Selasa. Gua inget banget. Bahkan sangking sayangnya gua ke dia 1 bulan pertama aja gua udah belajar bikin video buat dia, sampe malem lagi belajarnya. Cek disini: http://www.youtube.com/watch?v=L0ct_3Iyk6k :') Dan pada bulan kedua, gilanya gua waktu itu gua ngeganti DP BBM gua dengan foto2 dia sampe puluhan kali, jadi waktu itu puluhan kali gua ngeganti DP BBM dalam satu malam sampe ngebuat kontak2 BBM gua pada marah2-_-. Bulan ketiga kita lagi marahan:(

Setelah kita lewati setiap detik, jam, hari, minggu, bulan dengan semua masalah-masalah serta cobaan dalam hubungan akhirnya tepat pada bulan ke-4 kita dapet masalah yg bikin hubungan kita kacau. Katanyasih: Masalah adalah bumbu dalam sebuah hubungan.
Saat itu gua merasa gua terlalu capek dikecewain terus, dia orangnya pelupa. Dia selalu ngomong mau ini itu ke gua, mau bantu gua inilah itulah tapi gapernah dia kerjain, semua karna dia orangnya pelupa. Gua juga gaksuka sama temen2 pergaulannya karena kalo dia main sama temen2nya itu serasa gua gak ada di mata dia. Dan karena gua marah sama dia akan hal itu, gua jutekin dia. Tapi dia malah jutekin gua balik. Dan semakin emosinya gua, gua nyudahin hubungan ini dengan keterangan: Kita masih saling sayang.

Gua inget akan cerita dia ke gua tentang kisah keluarganya, cerita kalau kedua orangtuanya pisah. Dan gua inget semua janji gua ke dia kalo gua mau setia sama dia. Akhirnya(belum ada 1 hari) gua minta balikan, namun dia tolak. Katanya gua mainin perasaan dia dan terlalu posesif. Mungkin dia gak tau kenapa gua terlalu posesif ke dia, gua posesif karena apa yg tadi gua bilang, kalo: Gua takut kehilangan orang yang gua sayang lagi dan gua juga takut dia kenapa2.

Namun, meskipun dia nolak gua.. dia masih kayak pacaran dibelakang(baca: Hubungan Tanpa Status). Dan berita gua putus kesebar luas. Dari situ gua semakin takut, takut ada yang ngambil dia dari kehidupan gua. Dan gua gak suka sama orang2 yang selalu nanya2in gua pake kalimat "mantan". Setiap ada temen gua yang nanya ke gua tentang hubungan gua sama dia pake kata "mantan" gua selalu ngomel2 dan bilang: "DIA KELUARGA GUA! BUKAN MANTAN GUA!".

Kitapun deket dibelakang, sama kayak pacaran dulu. Dia bilang: "Aku janji, bakalan setia sama kamu, bakal sama kamu terus sampe kakek nenek" dan gua juga janji seperti itu. Gua percaya sama dia:') Bahkan, kalimat janji itu gak pernah gua hapus dari Chat History di BBM, Line Dm gua. Masih ada sampe sekarang.


Dan, kisah yang luntur itu kita mulai lagi diem2, dia nanyain gua tentang Backsteet gitu, pacaran diem2. Gua pun belum penah pacaran diem2 jadi gak ngerti. Ternyata rasanya beda banget dari pacaran terang2an. Nama gua gak di tulis di status socmed2 dia, terus gua gak boleh lagi deket sama dia disekolah kayak dulu. Dan itu ngebuat gua semakin takut sama bingung:'". Yaudah, daripada daripada kita gak berstatus dan takut ada yang nikung gua jalanin aja apa yang namanya backstreet itu. Dan gua juga baru tau, ternyata dia gak suka kalo gua deket2 banget disekolah kayak jalan bareng gitu tiap pulang. Yaudah gua ngertiin^_^

Semakin lama kita pacaran diem2 semakin asik, namun, semakin dia ngejauh dari gua juga. Belakangan ini dia semakin jauh dari gua. Kadang ngebales BBM sama Line lama banget. Dia katanya lagi ngumpul2 sama keluarganya, dan tiap dia ngebales chat gua dan gua bales lagi, diapun pergi lagi dan bilang: "Aku mau mandi dulu yah.. Aku mau makan dulu yah". Gua tungguin sampe setengah jam dan gua chat lagi.

Gua : "Kamu kemana aja?kok mandi lama banget sampe setengah jam?:("
Dia  : "Maaf ya, tadi aku sekalian cuci piring"

Dan dia baru bisa chattingan sama gua tiap malem doang, yaudah gak apa2:). Tlah banyak kata maaf yang diucapin ke gua. Gua selalu jawab: "Iya.. aku maafin sayang:)" meskipun hati tetep sebel dan berkata lain. Semakin sering dia ngebalesnya lama dan gua semakin bete. Gua takut juga, bayangin.. gua disekolah udah ga boleh deket sama dia lagi buat ngobrol ataupun jalan bareng. Dan sekarang dia mau ngejauh dari gua di Chattingan juga. Dan tiap dia balesnya lama, gua selalu standby HP gua,langsung gua bales. Hape gua sepi, dia suka cemburu kalo gua chatiingan sama cewe lain, yaudah, gua bilang ke dia kalo gua gak akan chattingan sama cewe lain, janji. Sumpah, gua udah kayak tukang jaga HP. Dari jam-ke-jam gua tungguin dia ngebales. Namun, karna dia ngebalesnya lama terus dan bikin gua nunggu terus dan gua bingung mau ngobrol ama siapa kadang ngebuat nangis sendiri. Cowo nangis? Cowo juga bisa nangis lho, cowo juga manusia^^ Dan gua gak punya sahabat tempat buat gua cerita semua masalah2 gua:'( Gua cuma percaya sama dia. Tapi dia begitu:''(

Udah sering banget gua nangis karena ketakutan:'( Yaudah, gua nyoba ngilangin emosi gua dengan: gua nyari kesibukan di kehidupan gua. Gua berusaha nenangin diri. Dan karena kesibukan gua, gua jadi jarang ngubungin dia. Dan gua tau diapun lagi sibuk. Gua pengen ngubungin dia duluan takut gua nyesek nunggu2in balesannya terus. Lagian kalo dia bales beda dari biasanya, agak jutek gitu. Dan sepertinya dia marah gara2 gua gak hubungin:"(padahal gua takut nyesek lagi..

Padahal biasanya malah cowok-cowok yang sibuk sama urusannya, dan cewek pada nungguin dibales, tapi kenapa gua malah sebaliknya ya._.

Dan tiba saatnya setelah gua pulang dari nganterin sepupu gua kemaren, Tanggal 12/07/14. Dia ngeSMS gua sama ngeBBM, kebetulan gua lagi off karena gua gak paketan. Dan dia minta buat nyudahin hubungan ini, dan kali ini: kita Temenan. Itu sungguh ngebuat gua sakit banget. Katanya dia mau fokus ke UN, sebenernya gak apa2 kalo dia mau fokus. Tapi kenapa dia mutusin gua?Kalo dia mau fokus tinggal bilang aja ke gua baik2:')Gak gini caranya.. Saat dia gua putusin waktu itu dia bilang gini:

"Kamu gatausih perasaan cewe kalo diputusin."


Iya, gua emang gak tau gimana rasanya diputusin:') Tapi gua tau rasanya kehilangan orang yang gua sayang. Dan akhirnya kini gua tau rasanya diputusin. Dia udah ngebuat gua ngelanggar janji2 gua:') Gua janji gak akan ninggalin dia, tapi nyatanya dia yang ninggalin gua.

Pas dia cerita kalo keluarganya pisah, gua langsung punya komitmen dan janji ke diri gua sendiri kalo gua gak akan ngebuat dia ngerasain kayak apa yang mamahnya rasain, dimana mamahnya ditanggalin sama ayahnya. Gua gak mau ngebuat dia ngerasain itu.. gua mau jaga dia, gua mau lindungin dia, gua mau bahagiain dia, Gua tulus banget sayang ke dia. Gua pengen dia baca ini:

"Gua punya niat tulus yg mungkin sama seperti niat yg dimiliki salahsatu orangtuanya. Namun sayangnya… dia gak tau seberapa besar niat yang gua miliki."

Dan inget, dia masih gua anggep sebagai keluarga. Meskipun dia ninggalin gua. Tapi kalo dia mau kembali dia tau dimana tempat gua berada. Namun, mungkin keadaannya akan seperti yg dia bilang, yaitu: gak bakal kayak dulu lagi. Mungkin ini karma, tapi gua harus jalanin ini. Inget nih:')


"Sometimes, aku bisa balikin keadaan ko. Aku bisa jauh dr kamu, bisa ngelupain kamu, bisa ga ngingetin kamu. Semua butuh proses.."

"Semua itu ada fasenya. Fase dimana yang tulus bakalan pergi. Yang tadinya perhatian bakalan berubah jadi bodo amat."

K E M A N A  J A N J I  K A M U  K E  A K U ?

Inget ya, kamu TETEP bagian KELUARGA AKU! dan KAMU TAU dimana tempat MENCARI AKU kelak nanti!

Jumat, 11 Juli 2014

Posted by athallara on 20.00 in , | No comments
Hari sabtu ini adalah hari pertama gua masuk sekolah dari liburan yang panjang! Yap: #RipLiburan. Akhirnya.. liburan yang membosankan ini berhasil gua lewati. Detik demi detik, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari maupun minggu demi minggu pada liburan ini gua lewati dengan perasaan garing. Dan, mulai senin besok, gua mulai sibuk dengan sekolah. Gua mau perang lawan Ujian Nasional.


Oke, gua mulai kisah gua..

*Sahur* *Ngantuk* *Makan*

Gua : "Mah.. nanti bangunin ya jam 9, mau ngambil buku di SMP 2"
Nyokap : "Mamah mau pergi lho"

*Mandi* *Sholat* *Tidur Lagi*

Pagi ini merupakan pagi yang cerah, seperti biasanya kita sekeluarga makan bareng pas sahur, berhubungan sekarang lagi puasa Bulan Ramadhan. Gua nyuruh nyokap gua buat bangunin jam 9, karena mau ngambil buku di sekolah. Gua gak sadar kalo nyokap gua bilang dia mau pergi (baca: Sangking ngantuknya).

Nyokap : "Mas, kamu bukannya mau ngambil buku?"

Gua dibangunin sama nyokap, JAM 10!!!!

Gua : "Aihh, kenapa gak bangunin dari tadi?>_< anterin ya.."
Nyokap : "Lah, mamah gak mau nganterin kamu kalo kamu gak ikut pergi sama mamah!"
Gua : "Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!"

Gua bangun, pake baju, rapi-rapi, dan gua bingung. Nyokap gua ngasih dua pilihan ke gua:
1. Gak ikut pergi, Berangkat sendiri, Naik motor.
2. Ikut pergi, Dianterin nyokap naik mobil.

*Gua bingung*

Gua: "Yaudah, ikut pergi ajadehh!!"
nb: Gua gak berani naik motor kesekolah.

Akhirnya, gua ikut nyokap gua pergi nganterin sepupu gua pulang kerumahnya. Saat malam minggu kemaren kan gua ceritain kalo gua pergi. Nah, saat itu gua pergi kerumah nenek. Disana ada sepupu gua(nama: Dika). Dan, gua nginep semaleman disana. Saat pulang, Dika pengen nginep dirumah. Dan hari ini lah dia bakal dianterin nyokap gua pulang kerumahnya.

Dan pada akhirnya gua dianterin pake mobil sama nyokap. Saat sampai disekolah, gua baru sadar! Ada anak OSIS dan gua ikut OSIS! Gua baru inget, organisasi tersebut ngajak ngumpul jam 8 di SMP 2. Dan gua terlambat-________-" Gua diomelin sama Muti.

Muti : "Woi thal, abis dari mana ajalu? Lu tau kan OSIS ngumpul jam berapa?!"
Gua : "Waduh sorry banget mut, gua bangunnya kesiangan."
Muti : "Lu kayak jelangkung tau gak!?"
Gua : "Ya maap, sorry banget yaa gua kesiangan."
Muti : "Pokoknya lu harus minta maaf di depan anak2 OSIS. Terus nanti lu bisa ikut kan ke SMP 5 jam 12 nanti buat ngumpulin ade kelas yang baru masuk?"
Gua : (kaget. "Aih, mau ke SMP 5? Jam 12? Gua gak bisa, mau pergi.. Nyokap udah nungguin dibawah.."
Muti : "Dih, kenapa gak bisa"

Akhirnya gua ceritain ulang kisah gua diatas ke si Muti.

Muti : "Yaudah gak apa2 pokoknya lu harus minta maaf sama anak2 OSIS, dan besok hari Senen lu harus bisa dateng jam 12 di SMP 5!!!!!"
Gua : "Okedeh.."

Seusai gua minta maaf sama anak2 OSIS dan gua dimintain uang 10.000 buat patungan gua langsung pergi ke Taman Mini, ternyata sebelum nganterin Dika pulang nyokap gua ada rencana mau main ke Taman Mini sama Dika, Ryan sama Ugi(Ade2 gua). Hfffttt, makin lama deh pulangnya-_-"

Jakarta Hujan, dan kita gak jadi ke Taman Mini. Yeahh!!!Hahaha, setelah nganterin Dika pulang, kita langsung pergi ke lippo buat buka puasa disana. Sebelum buka puasa, tempat makan disana udah penuh sama orang2 yang pengen buka puasa juga. Padahal baru jam 5. Akhirnya gua sama keluarga gua mampir ke gramedia dulu sampe adzan beduk bunyi. Dan pada akhirnya dapet tempat di Solaria. Seusai buka puasa, kita langsung pulang:v Dan, sampai dirumah, gua langsung mendapat suatu pesan yang nyelekit.

Bersambung...
Posted by athallara on 03.02 in , , , | No comments
"Godaan Puasa Ramadan"
Assalamualaikum Wr. Wb

Saat berpuasa maupun tidak, kita tidak lepas dari segala sesuatu yang bernama: "Godaan". Godaan itu sendiri merupakan cara Allah menilai seberapa besar keimanan makluk ciptaan-Nya. Dan jenis godaan ada dua, satu godaan yang bertujuan membujuk ke-arah yang salah dan membujuk ke-arah yang benar. Dan ada yang datang dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar.
Dalam kamus Bahasa Indonesia yang saya miliki arti dari "godaan" ialah: Sesuatu yang dapat mengusik keteguhan hati.

Sumber Gambar: www.siomponk.com

"Apa benar, Setan dibelenggu di Neraka saat Bulan Ramadhan?"
Jawabannya: Benar, pada Hadist yang diberikan Bukhairi dan Muslim dari Abu Harariah berbunyi: ِ
ذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ ، وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ
Artinya: “Apabila bulan Ramadan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu ditutup dan setan-setan dibelenggu”.

Pada saat setan dibelenggu oleh Allah SWT didalam neraka, kita pun masih saja terjebak dalam godaan-godaan dalam menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Karena apa? Karena hawa nafsu. Hawa nafsu yang kita miliki sebagai umat manusia memang agak sulit dikendalikan oleh diri kita sendiri.

"Seperti apa saja sih godaan yang sering kita temui saat berpuasa?"

1. Minum air keran.
          Berwudu sebelum sholat adalah sebuah kewajiban untuk menghilangkan hadast kecil maupun besar. Berwudhu saat berpuasa juga merupakan sebuah godaan kecil yang kita dapatkan, contohnya: Minum air keran. Banyak orang-orang(terutama anak kecil) melakukan tiga langkah sederhana sebelum Membasuh Hidung saat berwudhu.

*Wudhu* Membasuh tangan --> Kumur-kumur --> Air bekas kumur menghilang

 Pertanyaannya adalah: Kemana air itu pergi?. Lihat, ternyata anak-anak kecil sudah mahir bermain sulap bukan?

2. Wah.. Ada warteg berhordeng.
          Warteg berhordeng dipinggir-pinggir jalan harus kita waspadai saat berpuasa lho.. Kenapa? Banyak orang yang saya lihat telah tergoda untuk masuk kesana saat berpuasa. Untuk apa mereka pergi kesana? Menurut dugaan saya, mereka kesana untuk numpang Buang Air Besar karena Toilet dirumahnya rusak (baca: pup). #Abaikan~

3. Bertengkar. 
          Bertengkar merupakan hal yang harus kita jauhi dari kehidupan. Karena bertengkar membuat kita tidak disegani orang-orang dan membuat kita tidak memiliki banyak teman. 
Bertengar saya ibaratkan: Memisahkan Air dari Alkohol. Kenapa? Karena bertengkar itu tidak akan ada hasilnya meskipun kita sudah bekerja sekeras mungkin.

4. Petasan. 
          Main petasan dan meninggalkan sholat(terutama sholat teraweh) merupakan godaan yang cukup sulit dihindari bagi remaja seumuran saya. Pergi kelapangan dan meninggalkan masjid itu sulit dihindari. Dan akhirnya saya menyadari, "main petasan cuma buang-buang duit."-Kutipan Film Upin Ipin

5. Jalan-jalan (di Internet). 
           Dengan internet, kita dapat menjelajahi segala sesuatu dengan mudahnya. Namun, jika kalian ketahui internet memiliki dampak Godaan yang paling besar saat berpuasa. Contonya: Lupa waktu dan Membuka situs porno.

6. Masih banyak lagi... 

Sumber Gambar: www.siomponk.com

"Lalu bagaimana kita menyikapi dan menghindari godaan-godaan saat berpuasa?"

Untuk menyikapi godaan-godaan dalam berpuasa dapat kita lakukan dengan Berfikir Positif. Berfikirlah positif saat godaan datang ke kita. Dengan godaan lebih berat yang diberikan oleh Allah, InsyaAllah kita juga akan mendapatkan pahala yang lebih juga. Jangan kita ikuti godaan-godaan yang mengantar kita pada kemaksiatan. Ikutilah godaan-godaan manis yang baik seperti ikutan mengaji, tadarus Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk menghindari godaan-godaan tersebut, dapat kita lakukan dengan Mengalihkan Perhatian dan Niat. Bagaimana kita dapat mengalihkan perhatian saat godaan menghampiri? Mudah, lakukanlah hal-hal positif untuk menghindari godaan tersebut. Seperti banyak-banyak shalawat serta sholat, ngabuburit, tidur, dan lain lain.
Dan kita juga bisa ikutan program #ngaBLOGburit di BLOGdetik(Daripada melakukan hal negatif, mending nyari rezeki di BLOGdetik,bukan?). Namun, untuk menghindari sebuah godaan juga diperlukan niat dan hati yang tulus. eaa..


+++++Ohiya.. Admin dari BLOGdetik saya minta tolong pencerahannya dong^^Baca deh: http://athallara.blogspot.com/2014/07/blogdetik-loadingnya-lama.html+++++

Sekian postingan saya yang bertemakan: "Godaan Puasa Ramadan".
Semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamiin. Selamat menunaikan ibadah puasa, akhir kata: "Wassalamualaikum Wr. Wb."

Kamis, 10 Juli 2014

Posted by athallara on 21.48 in , , | 5 comments

BLOGdetik sedang mengadakan program lomba blog dengan nama ngaBLOGburit yang Mulai tanggal 2 Juli - 23 Juli 2013. Lomba tersebut diadakan Setiap hari Senin hingga Jumat, Jam: 15.00 - 18.00 Wib.

Peserta yang ingin ikut lomba yang diadakan Senin-Jum'at harus menggunakan platform BLOGdetik itu sendiri. Bagi yang ingin mengikuti lomba menggunakan platform diluar BLOGdetik tersebut seperti Blogger, Wordepress, dan Lainnya dapat ikut disetiap hari jum'at dengan Syarat & Ketentuan yang sama.

Namun, yang menjadi masalah gua adalah: Gua gak bisa ngeblog lewat BLOGdetik!

Kenapa gak bisa? Gua udah daftar blog di BLOGdetik tersebut, bukannya gua gak ngerti cara ngeblog disana. Cuma, dashboard dari  tersebut sering banget ngedown di PC sama Laptop gua. Dan menyebabkan gua gak bisa ikut ngaBLOGburit setiap Senin sampe Kamisnya. Kalo hari Jum'at gua masih bisa ikutan lewat Blog gua yang satu ini.

Dan gua gak tau forum BLOGdetik tersebut dimana-.-, yaudah dengan gua ngebuat postingan ini mungkin admin dari BLOGdetik akan ngebaca dan ngeberi solusi ke gua.

Permasalahannya : Loading di Wp-Admin nya lama banget, karna loadingnya lama websitenya sering ngedown. Bahkan gua ngebuat Postingan, Masukin HTML dan Berkomentar-pun gak bisa. Intinya ngedown mulu dashboard-nya. Apakah gara-gara Koneksi internet gua? Atau emang banyak yang make BLOGdetik sehingga ngedown terus? Tapi gua nge-akses Website lainnya cepet kok, di BLOGdetik doang yang lama:'(

Loadingnya lama banget (>_<)

Karna gua maksain ikutan ngaBlogburit, gua berusaha mosting lewat Smartphone... cuma susah banget. Akhirnya postingan gua acak-acakan dan ngebuat homepage BLOGdetik gua jadi jelek (kaya yang punya). Nih BLOGdetik gua: athallara.blogdetik.com.

Namun, sepertinya gak hanya gua yang mengalami hal yang sama. Waktu itu gua nyari di google untuk menemukan solusinya, dan ada seorang blogger dari BLOGdetik itu sendiri yang juga mengalami hal yang sama. Nih: http://anjari.blogdetik.com/2008/10/17/blogdetik-lambat-loadingnya/

nb: Baca komentar-komentarnya juga.

Bagi para Admin BLOGdetik tolong pencerahannya ya:) Pengen banget ikutan ngaBLOGburit terus, tapi cuma bisa ikutan dari luar platform:'(. Bagi yang tau masalahnya bisa berkomentar Secara Anonymous atau Name/Url di bawah sini. Tolong yah pencerahannya=)). Terimakasih.

Senin, 07 Juli 2014

Posted by athallara on 21.21 in , , | No comments

Hei, kembali lagi di malem minggu maksud gua berikutnya. Sorry banget sebelumnya gua gak sempet ngepos pas malem minggu, soalnya gua kemaren pergi. Dan, gua rasa cerita malming gua kemaren gak menarik, lebih baik gua ceritain pas hari jum'atnya. Oke, gua mulai cerita, Saat itu gua mendaftarkan blog gua dalam sebuah perlombaan di BLOGdetik yaitu sebuah perlombaan dimana kita harus ngepost di blog sesuai dengan tema yang diberikan sama admin BLOGdetik tersebut. Dan batas waktunya cuma dari jam 3 sore sampe jam 6 maghrib. Hadiahnya 1 Juta/hari.(Sampe tanggal 23)

Waktu itu tema yang dikasih sama BLOGdetik tersebut adalah: Segarnya Berbuka Puasa Dengan Air Layak Minum.

Dan lu bisa postingan yang gua buat disini: http://athallara.blogspot.com/2014/07/segarnya-berbuka-puasa-dengan-air-layak.html

Saat itu gua mendaftarkan di komentar BLOGdetik lebih awal, tepatnya komentar gua urutan ke 4.


Gua ngebuat post tersebut sedikit cukup lama. Dan akhirnya dapat gua selesaikan juga. Dan bodohnya gua, gua baru sadar ternyata gua lupa ngasih judul! Gua ngasih judul postingan gua dengan nama temanya,FAK! Dan mungkin gara-gara kesalahan itu, gua gagal ngedapetin juara.

Tapi gua gak sedih, ada satu hal yang ngebuat seneng. Blog gua divisit sama banyak orang. Setelah gua ngedaftarin blog gua dikomentar BLOGdetik itu, visitor blog gua langsung naik pesat! Tepatnya 6 orang.

Yah, meskipun cuma 6 gak apa-apalah, jarang2 blog absurd gua ini di stalking,hahaha. Dan gua gatau maksud para stalker itu apa. Mungkin dia pengen kopas artikel gua, baca2 artikel gua yg lain atau mungkin juga dia pengen nembak gua. Dan gua harap kalo dia nembak gua kelaminnya laki-laki.

Dan, jumlah tampilan di dashboard blogger gua juga paling banyak sendiri.


Malem itu gua girang banget karna stalker gua terus bertahan sampe jam 6-an malem lewat. Selain kegirangan, gua juga sedikit malu. Tapi gua juga baru inget: guakan gak punya malu.

Berikut pembuktian stalker gua:

Stalker gua ada 6 :D

Stalker gua ada 5 =))

Stalker gua ada 4 :)

Stalker gua ada 3 :|

Dan sisanya stalker gua gua pun menjadi 2, dan 1. Satu itu juga gua sendiri:(. Alhasil, Gua jerit-jerit dikamar.

Yah, meskipun gua kalah lomba gua dapet banyak pelajaran buat kedepannya. Mulai dari saat lomba blog ternyata kita harus mencantumkan sumbernya seperti foto, text kutipan dan yang lainnya. Jangan menggunakan nama tema sebagai judul>__<"  Dan gua juga dapet pelajaran ternyata blog gua absurd ini cuma di stalk kalo ikut lomba doang-___-Yaudahdeh, mulai saat ini.. demi stalker gua banyak. Gua bakal terus ikutin blog gua ini ke kompetisi-kompetisi lomba blogger. Itung-itung gua nyari jodoh.

Ohiya gua juga pengen ngucapin selamat sama pemenang lombanya saat itu^^. Nih

farichatuljannah.blogspot.com

Menguak Kesegaran Berbuka Dengan Air Minum Layak Konsumsi


Ohiya, Saat ini gua juga udah ngedaftarin blog untuk ikut serta dalam lomba Pure It. Cek nih disini postingannya: http://athallara.blogspot.com/2014/07/air-bersih-kunci-kesehatan.html. Temanya hampir sama kayak tema dilomba BLOGdetik juga sih, tentang air layak minum. Kalo lu mau ikut lomba dan ngedapetin banyak stalker bisa cek disini: http://lombablogpureit.blogdetik.com/. Kali ini saat lomba Blog Pure It, gua gak menggunakan tema sebagai judul. Doain gua yah semoga gua bisa menang, aamiin.


Kepo? Disini tempatnya!