Blog remaja ciptaan Athalla Rizky Arsyan yang isinya cerita "Absurd".

Senin, 07 Juli 2014

Posted by athallara on 09.06 in , , , | 3 comments


"Syarat Air Minum yang Layak Dikonsumsi"

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sebelumnya saya ingin berterimakasih kepada anda yang telah mau berkunjung ke BLOG saya yang satu ini. Saya mohon maaf jika artikel ini masih memiliki banyak kekurangan. Selanjutnya saya ucapkan selamat membaca kepada kalian dan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. 

Air merupakan salahsatu komponen penting dalam kehidupan kita. Seluruh aktifitas kita di dunia, tidak lepas dari yang namanya air. Mulai kita bangun tidur kita menggunakan air untuk mandi, mencuci pakaian, minum obat, serta melepas dahaga saat kita kehausan.

Namun, akankah kita sadar bahwa air di dunia ini bersih? Sehat? Aman untuk dikonsumsi?. Dan apakah kita sadar akan menjaga keutuhan dan kebersihan air?. Begitulah pertanyaan yang terlintas di fikiran kita semua.

"Kita ingin sehat, tapi kita tidak mau berusaha"

Siapa yang tidak ingin sehat? Jelas semua makhluk hidup di bumi ini menuntut sebuah kesehatan bagi dirinya sendiri maupun kesehatan oranglain seperti keluarganya. Tapi, sebagian besar makhluk hidup terutama manusia tidak mau berusaha untuk mendapatkan sebuah kunci kesehatan itu sendiri. Padahal, sebuah kunci kesehatan bisa kita dapatkan dengan memulai langkah kecil yang sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Manusia mengetahui bahwa air di bumi ada 2/3 lebih banyak dibandingkan daratan yang hanya 1/3-nya. Dan lagi-lagi kesalahan yang tidak disadari adalah mereka tidak mengetahui bahwa belum tentu 2/3 air itu layak untuk dikonsumsi.

Teknologi Pemurni Air Siap Minum, ada di Indonesia loh!

Kalian jangan takut akan air yang kotor dan tidak sehat. Karena kemajuan teknologi yang pesat, pihak Unilever telah mengembangkan sebuah alat canggih bernama Pure It , yakni alat yang mempunyai fungsi memurnikan air sehingga menghasilkan air siap minum, aman untuk dikonsumsi serta bebas segala kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit, tanpa menggunakan gas dan listrik.

Alat tersebut telah memenuhi kriteria ketat internasional dari E.P.A., Amerika Serikat, untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya. Oleh karena itu, Pure It layak dipilih sebagai salah satu alternatif untuk menghasilkan air minum tanpa menggunakan gas dan listrik. Selain praktis dan higienis, Pure It juga ekonomis.


[Sumber Gambar : http://goo.gl/IQ49lU]

Sertifikatnya bisa di cek disini: http://www.pureitwater.com/genric_images/HUL-Claim-Verify-Markets-2012-Am.pdf. Atau berikut gambarnya:






Sudah Berapa Gelas Air, yang kamu minum hari ini?

Menurut pakar ahli kesehatan, kita dianjurkan meminum 8-10 gelas setiap hari agar metabolisme tubuh berjalan baik dan normal karena sekitar 80% tubuh manusia terdiri dari air. Diantaranya adalah darah dan otak yang memiliki kadar air diatas 80% (Darah 95% dan Otak 90%). Air tersebut diperlukan kita untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh lewat air seni, keringat pernapasan, dan sekresi.

"Apakah diperbolehkan mengonsumsi air kurang dari 8 gelas per hari?"


Boleh, mengonsumsi air kurang dari 8 gelas sehari atau lebih tepatnya 1,2 liter tidak apa-apa. Tapi tubuh akan menyeimbangkan diri dengan jalan mengambil sumber komponen tubuh sendiri. Diantaranya dari darah. Tapi, kekurangan air bagi darah amat berbahaya bagi tubuh. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan pun dapat terganggu.

Jika kurang konsumsi  air minum darah yang kental tersebut juga akan melewati ginjal yang berfungsi sebagai filter atau alat untuk menyaring racun dari darah. Ginjal memiliki saringan yang sangat halus, sehingga jika harus menyaring darah yang kental maka ginjal harus kerja ekstra keras. Bukan tidak mungkin ginjal akan rusak dan bisa saja kelak akan mengalami cuci darah.dikarenakan kurang air minum[Sumber Gambar : http://goo.gl/IQ49lU]


Pada postingan sebelumnya, saya telah menyebutkan kriteria-kriteria air yang layak dikonsumsi. Sebagai berikut:

1. Air yang sudah matang.
          Kenapa harus matang? ya, karena.. air yang belum matang atau mentah banyak terkandung bakteri, virus, serta parasit, yang dapat membahayakan tubuh manusia. Contohnya vakteri: E-Coli.

2. Air berkemasan.
          Keamanan air dalam minuman berkemasan sudah dapat dibuktikan dengan baik. Karena telah ada hukum yang mengaturnya.

3. Air yang tidak: Berbau, Berasa, Berwarna dan Berpengawet.
          Air yang ada dalam 4 kriteria tersebut lebih baik dihindari untuk dikonsumsi. Karena,  tersebut sudah mengandung bahan kimia dan tempat berkebang biak bakteri.

          Meskipun ada bahan kimia yang layak dikonsumsi, namun saat air yang berasa otomatis ginjal kita berusaha menyaring vitamin-vitamin yang ada disana karena tidak semua bahan kimia yang ada disana dapat masuk ketubuh kita. Semakin ginjal kita dipaksa untuk melakukan pekerjaan tersebut, semakin berkurang juga umur ginjal kita. (kata mamah)

4. Air yang tidak mengandung gula berlebihan.
          Jika kalian tahu, gula memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan jika mengonsumsi air yang mengandung gula berlebihan adalah:
  • Meningkatkan risiko diabetes
  • Menyebabkan timbulnya jerawat
  • Meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Meningkatkan kemungkinan depresi

Serta menurut FansPage Pure It, Ciri-ciri air bersih adalah:
   1. Jernih
   2. Tidak bewarna dan berbau.
   3. Rasa alami
   4. Derajat PH nya netral diantara: 6,5 - 8,5.
   5. Tidak mengandung bakteri patogen E.Coli

[Sumber Gambar : http://goo.gl/IQ49lU]



  • Persyaratan Air Bersih Secara Fisik, Kimia, Biologi Mikrobiologi dan Radiologi.
          Ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui mengenai kualitas air tersebut baik secara fisik, kimia, mikrobiologi dan juga radiologi.

1. Syarat fisik, antara lain:
a. Air harus bersih dan tidak keruh
b. Tidak berwarna apapun
c. Tidak berasa apapun
d. Tidak berbau apaun
e. Suhu antara 10-25 C (sejuk)
f. Tidak meninggalkan endapan

2. Syarat kimiawi, antara lain:
a. Tidak mengandung bahan kimiawi yang mengandung racun
b. Tidak mengandung zat-zat kimiawi yang berlebihan
c. Cukup yodium
d. pH air antara 6,5 – 9,2

3. Syarat mikrobiologi, antara lain:
Tidak mengandung kuman-kuman penyakit seperti disentri, tipus, kolera, dan bakteri patogen penyebab penyakit.

4. Syarat radiologi
Air minum tidak boleh mengandung bahan-bahan radioaktif ataupun aktivitas radioaktif. [Sumber Gambar : http://goo.gl/IQ49lU]


  • Keputusan Menteri Kesehatan RI, tentang penyediaan air.
          Dalam penyediaan air bersih yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat banyak mengutip Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 173/Men.Kes/Per/VII/1977, penyediaan a
ir harus memenuhi kuantitas dan kualitas, yaitu:
a. Aman dan higienis.
b. Baik dan layak minum.
c. Tersedia dalam jumlah yang cukup.
d. Harganya relatif murah atau terjangkau oleh sebagian besar masyarakat

Parameter yang ada digunakan untuk metode dalam proses perlakuan, operasi dan biaya. Parameter air yang penting ialah parameter fisik, kimia, biologis dan radiologis yaitu sebagai berikut:

*)Parameter Air Bersih secara Fisika
1. Kekeruhan
2. Warna
3. Rasa & bau
4. Endapan
5. Temperatur

*)Parameter Air Bersih secara Kimia
1. Organik, antara lain: karbohidrat, minyak/ lemak/gemuk, pestisida, fenol, protein, deterjen, dll.
2. Anorganik, antara lain: kesadahan, klorida, logam berat, nitrogen, pH, fosfor,belerang, bahan-bahan beracun.
3. Gas-gas, antara lain: hidrogen sulfida, metan, oksigen.

*)Parameter Air Bersih secara Biologi
1. Bakteri
2. Binatang
3. Tumbuh-tumbuhan
4. Protista
5. Virus

*)Parameter Air Bersih secara Radiologi
1. Konduktivitas atau daya hantar
2. Pesistivitas
3. PTT atau TDS (Kemampuan air bersih untuk menghantarkan arus listrik)


  • Jenis-jenis Air.
        Mengingat pentingnya air, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memilih air minum yang sehat. Bila air minum tidak bersih bisa menyebabkan diare atau penyakit lainnya. Sedangkan saat ini ada berbagai jenis air minum yang ditawarkan seperti air tanah, air dari Perusahaan Air Minum (PAM), Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air mineral dan air heksagonal. Apa saja perbedaan dari masing-masing jenis air tersebut?


*)Air tanah
          Bagi penduduk di pedesaan air minum dapat diambil dari air tanah yang diambil dari sumur atau sungai. Tetapi, perlu diwaspadai bila sumber air tersebut berada di kawasan industri atau lokasi pembuangan sampah. Sedangkan di kota-kota besar, misalnya Jakarta, air tanah tidak lagi layak untuk dikonsumsi, karena banyak mengandung bakteri Eschericia coli (E-coli), kandungan besi (Fe) dan Mangan (Mn) serta kadar keasaman (pH) yang melebihi kriteria air minum sehat. Ini disebabkan karena banyaknya polutan yang dihasilkan manusia sehingga merusak air tanah.

*)Air PAM
          Untuk dapat menghasilkan air yang baik, Perusahaan Air Minum (PAM) sebenarnya memiliki teknologi yang sesuai dengan pengolahan air minum, tetapi ini juga dipengaruhi oleh kualitas dari air yang dijadikan sebagai bahan baku apakah air tersebut tercemar atau tidak.

*)Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)
          Adalah air yang diolah dengan teknologi khusus seperti teknologi sterilisasi kemudian dikemas dalam botol plastik atau wadah lainnya. Izin untuk perusahaan ini biasanya baru akan dikeluarkan bila hasil uji laboratorium baik. Agar mendapat air minum yang baik, perusahaan perlu selalu melakukan kontrol terhadap hasil air minum dan merawat peralatan produksinya dengan baik.

*)Air Mineral
          Adalah air yang diperoleh dari sumbernya, umumnya dari pegunungan dan langsung dikemas sehingga terdapat mineral di dalamnya dengan kadar tertentu yang diperbolehkan.

*)Air heksagonal
          Air jenis ini memiliki rangkaian molekul yang terstruktur, berbentuk segi enam sehingga disebut heksagonal. Air jenis ini lebih mudah diserap tubuh, lebih cepat menghantar nutrisi untuk seluruh tubuh, membuang racun sisa metabolisme, serta akan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Secara alami, air ini terdapat dalam sumur air zamzam di Mekah, di pegunungan Alpen, Swiss, dan di Lourdes, Perancis. Selain secara alami, air heksagonal dapat dibuat dengan menggunakan mineral-mineral alami yang dapat membantu pembentukan struktur heksagonal dalam air. Suhu saat pembentukan juga harus diperhatikan karena dapat menyebabkan struktur tersebut menjadi terurai sehingga menjadi air biasa.

Air heksagonal umumnya dijual dalam kemasan, tetapi minuman seperti ini dipercaya lebih menyehatkan untuk tubuh juga dapat mencegah penuaan. Dengan meminum air heksagonal dianggap dapat meningkatkan vitalitas, memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit. Hanya saja, air jenis ini umumnya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.


  • Dampak kesehatan air bersih.
          Dengan menjaganya air yang kita konsumsi, dapat memberikan dampak postif bagi kesehatan kita, diantaranya: 
  1. Memperlancar sistem pencernaan
  2. Mencegah kanker
  3. Perawatan Kecantikan
  4. Untuk Kesuburan
  5. Menyehatkan Jantung
  6. Sebagai obat stroke
  7. Efek Relaksasi
  8. Menguruskan dan menjaga badan
  9. Sebagai terapi
  10. Tubuh Lebih bugar
  11. Menjadi awet muda
  12. Mengeluarkan racun dalam tubuh
  13. Penyeimbang Sistem Getah Bening
  14. Mencegah penyakit batu ginjal
  15. Menjaga mood
  16. Menjaga Keberishan Maupun Kesehatan Gigi dan Mulut
  17. Mengurangi Rasa Kram dan Terkilir
  18. Sebagai Obat Sakit Kepala
  19. Berpikir Lebih Baik

Lalu, bagaimana cara mendapatkan air yang layak dikonsumsi?

Menyiasati hal ini Pure it menghadirkan "Teknologi Germkill". Sebuah teknologi canggih yang terdiri dari 4 tahap pemurnian air untuk menghasilkan air yang benar-benar aman terlindungi dari bakteri dan virus. Tahapan dari "Teknologi Germkill" ini adalah :

Tahap 1: Saringan Serat Mikro – menghilangkan semua kotoran yang terlihat

Tahap 2: Filter Karbon Aktif – menghilangkan pestisida dan parasit berbahaya.

Tahap 3: Prosesor Pembunuh Kuman – menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air.

Tahap 4: Penjernih – menghasilkan air yang jernih, tidak berbau, dengan rasa yang alami
Pure It juga memiliki jaminan perlindungan. yaitu :
          1. Pure It Germkill Life Indicator
                    Pure it memiliki Indikator unik, yang akan memberitahukan Anda beberapa hari sebelumnya kapan perlu mengganti 'Germkill Kit’

          2. Mekanisme Penghentian Otomatis
                    Jika ‘Germkill Kit’ tidak diganti pada waktunya, Pure it secara otomatis akan menghentikan aliran air sampai penggantian dilakukan. Mekanisme Penghentian Otomatis Pure it akan menghentikan air sehingga air akan meluap dari Germkill Life Indicator. Hal ini akan menjamin anggota keluarga Anda akan selalu meminum air yang aman.

Pure it bekerja dengan Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang tahan lama dan dapat diganti secara bersamaan setelah memurnikan sekitar 1500 liter air. Atau setara dengan 80 galon, dalam pemakaian normal tahan sekitar 6 - 8 bulan. [Sumber Gambar : http://goo.gl/IQ49lU]



Sumber Referensi:

3 komentar:

  1. BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
    BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
    BNI Syariah Hasanah Card Classic
    Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
    INFO pin 582F4A2E TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB CHAIRUL ICHSAN BUANA atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
    BP CHAIRUL SARTO UTOMO untuk
    KANTOR BASECAMP DIVISI MARKETING DI
    JL PANDA BARAT V NO 7
    Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
    Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
    Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
    Nomor Faks: (024) 831 3217
    karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
    proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
    BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.
    proses kurang lebih 14 hari kerja, TERIMA KASIH

    BalasHapus

Kepo? Disini tempatnya!