Blog remaja ciptaan Athalla Rizky Arsyan yang isinya cerita "Absurd".

Jumat, 11 Juli 2014

Posted by athallara on 03.02 in , , , | No comments
"Godaan Puasa Ramadan"
Assalamualaikum Wr. Wb

Saat berpuasa maupun tidak, kita tidak lepas dari segala sesuatu yang bernama: "Godaan". Godaan itu sendiri merupakan cara Allah menilai seberapa besar keimanan makluk ciptaan-Nya. Dan jenis godaan ada dua, satu godaan yang bertujuan membujuk ke-arah yang salah dan membujuk ke-arah yang benar. Dan ada yang datang dari diri sendiri maupun dari lingkungan sekitar.
Dalam kamus Bahasa Indonesia yang saya miliki arti dari "godaan" ialah: Sesuatu yang dapat mengusik keteguhan hati.

Sumber Gambar: www.siomponk.com

"Apa benar, Setan dibelenggu di Neraka saat Bulan Ramadhan?"
Jawabannya: Benar, pada Hadist yang diberikan Bukhairi dan Muslim dari Abu Harariah berbunyi: ِ
ذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ ، وَسُلْسِلَتْ الشَّيَاطِينُ
Artinya: “Apabila bulan Ramadan tiba, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu ditutup dan setan-setan dibelenggu”.

Pada saat setan dibelenggu oleh Allah SWT didalam neraka, kita pun masih saja terjebak dalam godaan-godaan dalam menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan. Karena apa? Karena hawa nafsu. Hawa nafsu yang kita miliki sebagai umat manusia memang agak sulit dikendalikan oleh diri kita sendiri.

"Seperti apa saja sih godaan yang sering kita temui saat berpuasa?"

1. Minum air keran.
          Berwudu sebelum sholat adalah sebuah kewajiban untuk menghilangkan hadast kecil maupun besar. Berwudhu saat berpuasa juga merupakan sebuah godaan kecil yang kita dapatkan, contohnya: Minum air keran. Banyak orang-orang(terutama anak kecil) melakukan tiga langkah sederhana sebelum Membasuh Hidung saat berwudhu.

*Wudhu* Membasuh tangan --> Kumur-kumur --> Air bekas kumur menghilang

 Pertanyaannya adalah: Kemana air itu pergi?. Lihat, ternyata anak-anak kecil sudah mahir bermain sulap bukan?

2. Wah.. Ada warteg berhordeng.
          Warteg berhordeng dipinggir-pinggir jalan harus kita waspadai saat berpuasa lho.. Kenapa? Banyak orang yang saya lihat telah tergoda untuk masuk kesana saat berpuasa. Untuk apa mereka pergi kesana? Menurut dugaan saya, mereka kesana untuk numpang Buang Air Besar karena Toilet dirumahnya rusak (baca: pup). #Abaikan~

3. Bertengkar. 
          Bertengkar merupakan hal yang harus kita jauhi dari kehidupan. Karena bertengkar membuat kita tidak disegani orang-orang dan membuat kita tidak memiliki banyak teman. 
Bertengar saya ibaratkan: Memisahkan Air dari Alkohol. Kenapa? Karena bertengkar itu tidak akan ada hasilnya meskipun kita sudah bekerja sekeras mungkin.

4. Petasan. 
          Main petasan dan meninggalkan sholat(terutama sholat teraweh) merupakan godaan yang cukup sulit dihindari bagi remaja seumuran saya. Pergi kelapangan dan meninggalkan masjid itu sulit dihindari. Dan akhirnya saya menyadari, "main petasan cuma buang-buang duit."-Kutipan Film Upin Ipin

5. Jalan-jalan (di Internet). 
           Dengan internet, kita dapat menjelajahi segala sesuatu dengan mudahnya. Namun, jika kalian ketahui internet memiliki dampak Godaan yang paling besar saat berpuasa. Contonya: Lupa waktu dan Membuka situs porno.

6. Masih banyak lagi... 

Sumber Gambar: www.siomponk.com

"Lalu bagaimana kita menyikapi dan menghindari godaan-godaan saat berpuasa?"

Untuk menyikapi godaan-godaan dalam berpuasa dapat kita lakukan dengan Berfikir Positif. Berfikirlah positif saat godaan datang ke kita. Dengan godaan lebih berat yang diberikan oleh Allah, InsyaAllah kita juga akan mendapatkan pahala yang lebih juga. Jangan kita ikuti godaan-godaan yang mengantar kita pada kemaksiatan. Ikutilah godaan-godaan manis yang baik seperti ikutan mengaji, tadarus Al-Qur'an, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk menghindari godaan-godaan tersebut, dapat kita lakukan dengan Mengalihkan Perhatian dan Niat. Bagaimana kita dapat mengalihkan perhatian saat godaan menghampiri? Mudah, lakukanlah hal-hal positif untuk menghindari godaan tersebut. Seperti banyak-banyak shalawat serta sholat, ngabuburit, tidur, dan lain lain.
Dan kita juga bisa ikutan program #ngaBLOGburit di BLOGdetik(Daripada melakukan hal negatif, mending nyari rezeki di BLOGdetik,bukan?). Namun, untuk menghindari sebuah godaan juga diperlukan niat dan hati yang tulus. eaa..


+++++Ohiya.. Admin dari BLOGdetik saya minta tolong pencerahannya dong^^Baca deh: http://athallara.blogspot.com/2014/07/blogdetik-loadingnya-lama.html+++++

Sekian postingan saya yang bertemakan: "Godaan Puasa Ramadan".
Semoga bermanfaat bagi kita semua, Aamiin. Selamat menunaikan ibadah puasa, akhir kata: "Wassalamualaikum Wr. Wb."

0 komentar:

Posting Komentar

Kepo? Disini tempatnya!