Blog remaja ciptaan Athalla Rizky Arsyan yang isinya cerita "Absurd".

Jumat, 25 Juli 2014

Posted by athallara on 02.03 in , | No comments
"Indonesia tanah airku.. Tanah tumpah darahku.. Disanalah aku berdiri.. Jadi pandu ibuku.. Indonesia kebangsaanku.. Bangsa dan Tanah Airku.. Marilah kita berseru.. Indonesia bersatu.."
---------------
Indonesia... Yap, Negara tempat kita menjalani kehidupan ini merupakan sebuah Negara maritim. Dimana Negara kita ini terdiri dari 17.504 buah pulau dan memiliki luas lautan yang lebih dari 3.257.483 km2.


Negara maritim adalah negara yang memiliki wilayah lautan atau perairan yang luas serta mampu untuk menguasai wilayah tersebut. -Glosarium.

Namun, meskipun Indonesia sebuah negara maritim.. kita masih belum bisa memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada dengan baik. Terutama..., Air

Padahal, dalam lirik lagu Indonesia Raya tersendiri terdapat kalimat: "Indonesia Bersatu..". Bersatu yang dimaksud dari petikan lirik tersebut ialah bersatu untuk mempertahankan NKRI. Bukan hanya bersatu untuk mempertahankan diri dari penjajah, namun juga bersatu untuk tetap menjaga kelestarian dan keutuhan SDA yang ada di negeri tercinta kita ini.

Menurut National Geographic Indonesia,

97,5 persen air di Bumi air asin. Sedangkan 2,5 persennya adalah air tawar—yang terdiri atas lapisan es, gletser, salju (dua pertiga), dan sisanya barulah air permukaan dan air tanah.❞

Banyak bukan air yang ada di bumi kita ini?Namun meskipun demikian, Website http://nationalgeographic.co.id/ kembali menjelaskan bahwa,

Tiap 1 dari 8 orang kekurangan akses ke air bersih. Menurut laporan UN Water Organization, di 2011, 768 juta orang tidak memiliki sumber air bersih untuk air minum dan 2,5 miliar orang tidak memiliki sumber air bersih untuk sanitasi.❞

Bayangkan 2,5 miliar orang tidak memiliki akses untuk mendapatkan air bersih. Padahal, air di-bumi kita ini ada banyak sekali. Bagaimana nasib negeri kita ini?

Unicef  dan WHO memperkirakan, Indonesia adalah salah satu kelompok dari 10 negara yang hampir dari populasi tidak mempunyai akses ke sumber air minum. Mereka adalah :
  1. China (108 juta )
  2. India  (99 juta)
  3. Nigeria (63 juta)
  4. Ethiopia (43 juta)
  5. Indonesia (39 juta)
  6. Republik Demokratik Kongo (37 juta)
  7. Bangladesh (26 juta)
  8. Inggris Republik Tanzania (22 juta)
  9. Kenya (16 juta)
  10. Pakistan (16 juta)
Lihat... Indonesia menduduki urutan ke-5 dengan angka 39 juta populasi yang tidak mempunyai akses ke sumber air minum.

Sebuah media massa SINDONEWS.com menjelaskan dalam salahsatu postingan diwebsitenya bahwa kekurangan air yang melanda Indonesia ini disebabkan oleh beberapa faktor,seperti:

➀Kesenjangan Sosial
          Adanya kesenjangan sosial antara penduduk di kota dan desa juga menjadi penyebab mengapa kualitas sanitasi dan air bersih di Indonesia masih kurang terjaga dengan baik, kesenjangan sosial menentukan perilaku masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu.

➁Buang Air Besar Sembarangan
          Banyak masyarakat kurang mampu yang masih menerapkan perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sehingga merusak lingkungan, selain itu masih banyak masyarakat di daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih bahkan sampai menggunakan air hujan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

➂Terjadinya banjir apabila musim hujan dan terjadinya kekeringan ketika musim kemarau, sehingga menyebabkan turunnya kualitas air bersih.

➃Masih kurangnya sanitasi yang memadai.

➄Banyaknya limbah cair maupun padat yang mencemari wilayah perairan di Indonesia seperti sungai, laut, waduk, dan danau.

Sumber: http://nasional.sindonews.com/read/862939/18/indonesia-butuh-air-bersih
#Bukan hanya SINDONEWS saja yang mengatakan bahwa Indonesia kekurangan air bersih. Telah banyak juga media massa lainnya seperti Kompas, Kaskus, Tempo, Detik dan lain-lain.

Mengetahui hal-hal tersebut, seharusnya kita menyadari. Kita sebagai makhluk hidup yang membutuhkan peranan air dalam kehidupan harus melestarikan air di bumi ini. Peranan air di kehidupan kita merupakan faktor penting untuk mendapatkan kehidupan yang sehat, layak dan sejahtera. Padahalnya kita telah menyadari air itu penting, namun kitanya saja yang tidak memiliki niat untuk melestarikan air di bumi. Dan, merawat kelestarian air itu sebenarnya dapat kita lakukan dengan sebuah langkah kecil, seperti:
1. Menanam pohon/reboisasi untuk menjaga kelestarian hutan.

2. Mengolah limbah buangan menjadi sesuatu yang bermanfaat.

3. Mencegah penebangan hutan secara liar.

4. Menghemat air dimanapun kita berada, contohnya mematikan keran saat tidak digunakan.

5. Tidak mengotori air (Sungai, Laut, PDAM, dll), contohnya bahan kimia.

6. Membuang sampah pada tempatnya.

Mudah bukan? Dengan beberapa hal kecil diatas kita dapat menjaga kelestarian air di bumi ini. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita cari di internet.

Dan ternyata, Atmosfer juga berperan penting dalam menjaga kelestarian air, kenapa? Karena atmosfer dapat menjaga air di bumi tetap cair dari radiasi matahari. Nahlo.. Indonesia memiliki banyak kota-kota besar dengan rumah-rumah kaca yang dapat merusak atmosfer bumi. Pemerintah juga harus bertindak mengenai rumah-rumah kaca tersebut. Seharusnya kita terus menjaga kelestarian air demi anak-cucu-kita kita nanti.

Kelestarian hutan pun patut dijaga, karena hutan merupakan faktor penghasil air terbanyak di bumi. Namun, hutan-hutan yang kita miliki telah diubah menjadi sebuah tempat tinggal. Hutan-hutan kini telah kita gunduli demi mendapat keuntungan. Contohnya seperti Pembuatan Villa di hutan, Villa tersebut tidak selalu akan ditempati orang-orang bukan?Renungkanlah.. demi membuat villa yang tak terpakai kita rela menebang hutan-hutan yang kita miliki.

Limbah-limbah buangan kini telah mencemari kelestarian air, terutama air di sungai. Gak hanya limbah pabrik saja, limbah rumah tangga seperti detergen-pun dapat mencemari air-air di bumi. Sebaiknya kita dapat mengolah limbah-limbah tersebut dengan baik, sehingga kita tidak perlu membuangnya sembarangan ke sungai-sungai. Atau tidak sebaiknya pemerintah menyediakan tempat khusus untuk pembuangan limbah-limbah tersebut.

Banjir merupakan sebuah bencana yang kebanyakan disebabkan oleh faktor manusia. Mereka membuang sampah sembarangan, sehingga membuat selokan mampet dan membuat air meluap. Dan banjir juga membawa dampak negatif pada kehidupan, mereka membawa kuman yang dapat mencemari air-air bersih yang kita miliki. Salahsatu contoh bakterinya ialah e-coli.

Terkadang.. saat dirumah-pun kita lupa untuk mematikan keran air, dan membiarkannya untuk tetap menyala. Itu merupakan suatu pemborosan yang merugikan penggunaan air dan membuat tagihan pembayaran air yang bertambah. Meskipun harga air sangat murah, jika kita membuang-buang air secara terus-menerus dapat menimbulkan dampak negatif. Padahal, masih banyak orang-orang diluar sana yang bersusah-payah untuk mendapatkan air dan kita yang hanya tinggal memutar keran masih saja menyia-nyiakannya?

Sumber: Twitter

@WOWFAKTA - Manusia bisa bertahan hidup lebih dari 7 hari tanpa makan, namun tidak bisa bertahan lebih dari 5 hari tanpa minum.

Taukah Anda? Air merupakan komponen terbanyak di dalam tubuh manusia. Komponen air di dalam tubuh seorang bayi mencapai sekitar 75%, orang dewasa 60%, sedangkan lansia memiliki komponen air sebesar 50% di dalam tubuhnya. Keperluan air pada tubuh setiap orang berbeda-beda, Tergantung dari beberapa faktor seperti usia, berat badan, tinggi badan, aktifitas dan kondisi lingkungan di mana kita berada.

Sumber: blogdetik.com
Air merupakan salahsatu komponen penting dalam kehidupan kita. Seluruh aktifitas kita di dunia, tidak lepas dari yang namanya air. Mulai kita bangun tidur kita menggunakan air untuk mandi, mencuci pakaian, minum obat, serta melepas dahaga saat kita kehausan. Dengan menjaganya air yang kita konsumsi, dapat memberikan dampak postif bagi kesehatan kita, diantaranya: 


  1. Memperlancar sistem pencernaan
  2. Mencegah kanker
  3. Perawatan kecantikan
  4. Untuk kesuburan
  5. Menyehatkan Jantung
  6. Sebagai obat stroke
  7. Efek relaksasi
  8. Menguruskan dan menjaga badan
  9. Sebagai terapi
  10. Tubuh lebih bugar
  11. Menjadi awet muda
  12. Mengeluarkan racun dalam tubuh
  13. Penyeimbang sistem getah bening
  14. Mencegah penyakit batu ginjal
  15. Menjaga mood
  16. Menjaga keberishan maupun kesehatan gigi dan mulut
  17. Mengurangi rasa kram dan terkilir
  18. Sebagai obat sakit kepala
  19. Berpikir lebih baik

0 komentar:

Posting Komentar

Kepo? Disini tempatnya!