Blog remaja ciptaan Athalla Rizky Arsyan yang isinya cerita "Absurd".

Jumat, 04 Juli 2014

Posted by athallara on 02.04 in , , , | No comments
Dengan berpuasa, berarti kita menahan lapar, haus, hawa nafsu dan apapun yang membatalkan puasa dari setelah sahur sampai kita berbuka puasa. Namun, perlu diperhatikan dalam mengonsumsi makanan dan minuman saat kita sahur maupun berbuka puasa.

Terutama dalam memperhatikan minuman yang layak untuk dikonsumsi. Saat sahur atau berbuka, kita gak perlu beli minuman yang mewah dan mahal lho! Cukup mengonsumsi minuman yang memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Sedikit Sharing:

Biasanya sebelum adzan maghrib berkumandang, saya sama teman-teman asik ngumpul-ngumpul di masjid (ngabuburit). Kadang kita gunakan untuk tadarus Al-Qur'an, main-main, sharing bersama, ngablogburit dan lain sebagainya. Namun, disaat adzan sudah berkumandang temen-temen saya langsung pergi berlarian buat ngebeli jajanan diluar area masjid. Sayapun juga.. Namun, saya sering banget ngeliat mereka ngebeli minuman yang aneh-aneh. Minuman-minuman tersebut beraneka ragam jenis, warna, dan rasanya.

Puasa tahun lalu, hobi saya saat berbuka adalah mencicipi semua jenis minuman yang warna-warni tersebut. Rasanya sih enak banget. Namun, lama-kelamaan minuman tersebut bikin sakit perut. Akhirnya saya tobat minum gituan. Dari pengalaman tersebut, akhirnya saya sekarang lebih memperhatikan minuman yang saya konsumsi. Saya belajar, mulai dari membeli buku-buku tentang menjaga kesehatan sampai sering browsing di google.

Akhirnya, saya mengetahui jenis-jenis minuman yang layak dikonsumsi. Berikut kriteria minuman-minuman sehat tersebut:

1. Minuman yang sudah matang.
          Kenapa harus matang? ya, karena.. Minuman yang belum matang atau mentah banyak terkandung bakteri, virus, serta parasit, yang dapat membahayakan tubuh manusia.

2. Minuman berkemasan.
          Keamanan dalam minuman berkemasan sudah dapat dibuktikan dengan baik. Karena telah ada hukum yang mengaturnya.

3. Minuman yang tidak: Berbau, Berasa, Berwarna dan Berpengawet.
          Minuman-minuman yang ada dalam 4 kriteria tersebut lebih baik dihindari untuk dikonsumsi. Karena, minuman-minuman tersebut sudah mengandung bahan kimia.

          Meskipun ada bahan kimia yang layak dikonsumsi, namun saat minum-minuman berasa otomatis ginjal kita berusaha menyaring vitamin-vitamin yang ada disana karena tidak semua bahan kimia yang ada disana dapat masuk ketubuh kita. Semakin ginjal kita dipaksa untuk melakukan pekerjaan tersebut, semakin berkurang juga umur ginjal kita. (kata mamah)

4. Minuman yang tidak mengandung gula berlebihan.
          Jika kalian tahu, gula memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan jika mengonsumsi minuman yang mengandung gula berlebihan adalah:

  • Meningkatkan risiko diabetes
  • Menyebabkan timbulnya jerawat
  • Meningkatkan risiko penyakit jantung
  • Meningkatkan kemungkinan depresi


Oleh karena itu, mulai dari sekarang, mulailah mengonsumsi minuman-minuman yang menyangkut kriteria-kriteria diatas. Apalagi sekarang kita lagi puasa, sehingga daya tahan tubuh kita lagi diuji sama Allah. Makanya hindari membeli minuman-minuman dipiggir jalan maupun diluar rumah, dan mulailah memasak atau membuat minuman-minuman itu sendiri. Ingat: Mencegah lebih baik dari mengobati.

Sekian minuman-minuman yang layak dikonsumsi, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita, aamiin.

0 komentar:

Posting Komentar

Kepo? Disini tempatnya!